Tuesday, September 1, 2015

Alasan Google Ganti Logo


Hari ini, agak dikejutkan dengan gambar animasi Google doodle yang ada di laman default browser Chrome saya. Di situ, tepat di bagian logo doodle Google nongkrong, hanya ada logo Google yang transparan dan menjadi latar belakang dari sebuah tombol play.

Google ganti logo
Doodle logo Google hari ini
Ketika logo play tersebut diklik, maka akan muncul animasi yang memainkan logo Google yang baru seperti gambar di bawah :

Apa yang dilakukan oleh Google ini sebenarnya bukanlah hal yang luar biasa. Dan merunut kepada sejarahnya, Google sudah beberapa kali mengganti logonya. Bahkan, dengan semakin bermain-main yang dibawa oleh Google,  logo Google sendiri sering 'diganti' atau lebih tepatnya dikreasikan menurut momen/ peristiwa yang tengah berlangsung.


Seperti doodle google memperingati kelahiran tokoh besar, ilmuwan bahkan untuk Indonesia sendiri, Google rutin membuatkan doodle sendiri untuk Peringatan Hari Proklamasi 17 Agustus.


Penggunaan Doodle ini sendiri, sudah dimulai sejak awal logo Google diperkenalkan di tahun 1998 lalu. Doodle pertama yang muncul adalah saat kedua pendiri hendak meninggalkan pesan, bahwa mereka tengah menghadiri festival Burning Man dan tidak dapat ditemui di kantor. Doodle tersebut muncul pada 30 Agustus 1998 dan masuk dalam rentetan perubahan logo Google yang pertama.

Berikut perubahan logogram Google dari tahun pertama hingga terakhir 1 September 2015 :






Alasan Perubahan Logo
Terkait dengan perubahan tersebut, sebagaimana dilansir oleh liputan6.com, Google menyebutkan alasan perubahan logo mereka tersebut.

"Kami mengambil logo dan branding Google (yang awalnya didesain untuk laman desktop), dan mengubahnya menjadi pengalaman komputasi tanpa batas yang bekerja antar perangkat dan beragam interaksi pengguna (misalnya lewat sentuhan, ketikan, dan suara)," kata Google.

Dalam bahasa mereka, melalui perubahan ini Google ingin memperkenalkan bahasa visual baru yang merefleksikan realita, dengan tujuan ingin terus menunjukkan momen-momen dimana keajaiban, bahkan dari layar yang paling kecil.

Perubahan logo ini tak hanya menandai kalau pengguna tengah menggunakan Google, tapi juga menunjukkan kalau Google sedang bekerja untuk pengguna. Sebagai contoh, elemen baru seperti mic berwarna-warni akan membantu pengguna mengidentifikasi dan berinteraksi dengan Google, baik ketika pengguna berbicara, mengetuk, atau mengetik.

Dalam logo terbaru ini, Google mengganti ikon “g” biru dengan simbol yang sesuai dengan desain logo yang baru.

"Ini bukan pertama kalinya kami mengganti tampilan, dan kemungkinan besar tidak akan menjadi yang terakhir. Tapi pembaruan ini adalah refleksi yang sesuai dari beragam cara Google bekerja untuk Anda, baik melalui Search, Maps, Gmail, Chrome, dan lainnya," terang Google.

"Kami tetap mengambil yang terbaik dari Google (simpel, friendly, berwarna-warni), dan kembali memahatnya tak hanya untuk Google masa kini, tapi untuk Google masa depan," tambahnya.

Pendapat Saya
Secara aspek estetis, tidak ada perubahan revolusioner yang berarti dalam logo Google ini. Hanya perubahan font yang digunakan. Secara warna huruf dan ukuran tetaplah sama.

Namun, sebagai perusahaan besar sekaligus raksasa di dunia internet, apa yang dilakukan tetaplah menarik dan biasanya segera akan menjadi tren.

Mengacu kepada warnanya, Google tetap mempertahankan warna-warna ceria yang menyimbolkan kegembiraan, santai dan bersahabat. Google juga mempertahankan arus tren berupa warna flat. Dan itu memang menyenangkan. Hal ini mengingatkan saya pada perubahan logo browser Chrome lalu yang sebelumnya memberikan efek shading lalu dibuat menjadi flat seperti yang kita lihat sekarang ini.




0 comments:

Post a Comment