Tuesday, March 8, 2016

5 Langkah Sukses Berjualan di Toko Online

Sukses Berjualan Online di Marketplace

Dengan perkembangan dan kemajuan akan teknologi yang terjadi pada saat ini mengubah masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari mereka. Masyarakat saat ini lebih pintar dalam memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kehidupan sehari-harinya. Seperti saat ini, banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja di Internet dibandingkan pergi ke pasar atau swalayan. Kecepatan dan kemudahan menjadi alasan kenapa masyarakat berbelanja melalui internet. Terlebih dengan banyak bermunculan toko online yang semakin memudahkan masyarakat dalam berbelanja di Internet.

Banyaknya toko online yang muncul di dunia internet benar-benar memanjakan para konsumen. Melihat-lihat produk yang ditawarkan di toko online secara bebas akan memberikan rasa nyaman bagi calon pembeli. Apalagi media internet yang bebas akses memberikan waktu 24 jam bagi para pengunjung sehingga mereka bisa datang kapan pun mereka mau. Dalam toko online pengunjung juga bebas membandingkan produk yang satu dengan yang lain sebelum mereka menentukan barang yang akan di beli. Hal ini sangat penting bagi kosumen karena pemilihan barang yang tepat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka.

Selain itu jaminan transaksi yang sangat dibutuhkan oleh konsumen juga bisa didapatkan melalui toko online. Dalam hal ini biasanya konsumen mendapatkan jaminan jika uang sudah ditransfer tapi barang belum juga datang maka uang konsumen akan dikembalikan. Jika ada keluhan barang yang tidak sesuai dengan harapan pembeli maka biasanya produsen akan bertanggung jawab dan siap mengganti dengan produk yang lain.

Dengan dampak yang begitu besar yang diberikan toko online, mau tidak mau menuntut para pengusaha untuk menggunakan toko online sebagai media berjualan mereka. Para pengusaha saat ini harus mengikuti perkembangan yang ada dan menyesuaikan dengan tingkah laku masyarakat, yang saat ini sudah mulai memanfaatkan internet sebagai media dalam berbelanja. 

Cara Sukses Berjualan di Toko Online

1. Memilih toko online terpercaya

Sebelum kita menjual produk kita di toko online, sebaiknya kita memilih terlebih dahulu toko online mana yang terpercaya. Karena rata-rata masyarakat berbelanja menggunakan toko online yang terpercaya untuk menghindari penipuan. Selain itu, toko online yang terpercaya juga memilki citra yang baik dimata konsumen. Anda bisa menjual produk anda di toko online yang terpercaya seperti blanja.com. blanja.com sendiri merupakan toko online yang bermitra dengan toko online dunia eBay, jadi kita tidak perlu khawatir untuk berjualan melalui blanja.com

2. Menuliskan Judul Yang Jelas

Dalam menjual kita harus memberikan judul yang jelas pada produk yang kita jual. Usahakan judul dibuat detail dan singkat, jangan terlalu panjang. Agar produk yang dicari konsumen, dapat muncul pada pencarian. Sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang kita jual.

3. Penulisan Deskripsi Yang Baik

Tuliskan deskripsi pada produk yang anda jual dengan jelas, Gunakan bahasa yang mudah di mengerti dan sederhana agar konsumen bisa mengerti kegunaan dari barang yang di jual. Buatlah deskripsi yang semanarik mungkin, sehingga konsumen tertarik membeli produk yang kita tawarkan.

4. Berikan Foto Produk Yang Menarik

Anda harus membuat foto produk anda menarik, gunakan latar yang jelas dalam foto yang dibuat agar tampilan produk anda jadi lebih jelas. Dengan begitu konsumen dapat melihat detail keseluruhan produk dari gambar yang sudah dipasang.

5. Berikan Pelayanan Yang Baik  

Berikan pelayanan yang baik pada konsumen, agar kosumen merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan. Dengan pelayanan yang baik, akan membuat konsumen kembali berbelanja produk yang anda jual.

Selamat mencoba.. :)

1 comment: