Minggu, 26 April 2020


Ilustrasi APD Virus Corona
FOTO : Kompas
Penyebaran virus corona masih sangat luas dan sebaiknya melakukan berbagai langkah pencegahan untuk dapat terhindar dari penyakit ini. Di mana salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca informasi terbaru mengenai perkembangan virus ini. Anda bisa untuk mengetahui informasi terbaru tersebut di Halodoc yang menyajikan berita lengkap dan perkembangan terbaru mengenai penyebaran virus corona. Halodoc juga menyediakan berbagai informasi mengenai virus corona termasuk mengenai gejala yang dialami ketika terinfeksi virus corona. Dimana untuk gejala yang dapat dialami ada dua yaitu ciri virus corona yang umum dan juga khusus.

Untuk perbedaan keduanya juga harus diperhatikan agar dapat mengetahui gejala apa saja yang dirasakan oleh tubuh. Dimana untuk gejala umum merupakan gejala yang ditunjukkan oleh banyak pasien yang terinfeksi virus corona. Sehingga lebih dari 90 persen pasien yang positif corona menunjukkan gejala umum tersebut. 

Tes Swab
FOTO: detiknews
Gejala umum tersebut juga menjadi ciri-ciri dari pasien yang sudah terinfeksi dari WHO dan juga pihak lainnya. Sehingga ketika mengalami gejala umum maka akan lebih mudah untuk mengetahui bahwa pasien tersebut terserang virus corona.  

Sedangkan untuk gejala khusus adalah ketika pasien menunjukan ciri virus corona yang tidak banyak dialami oleh banyak pasien yang positif. Gejala tersebut hanya merupakan gejala khusus yang terjadi pada beberapa pasien saja. Sehingga karena hanya sebagian kecil dari persentase pasien yang menunjukkan gejala khusus ini maka tidak menjadi salah satu gejala umum yang dapat menunjukkan orang terindikasi penyakit virus corona. 

Akan tetapi walaupun begitu Anda juga perlu untuk mengetahui beberapa gejala khusus yang dapat untuk ditunjukkan seseorang ketika terinfeksi virus corona. Dimana untuk gejala khusus tersebut adalah sebagai berikut ini:  

Kehilangan nafsu makan


Hilang Nafsu makan
FOTO: ayobandung
Gejala khusus pertama yang dapat ditunjukkan adalah ketika kehilangan nafsu makan. Gejala ini akan dapat ditunjukkan pada minggu pertama dan membuat nafsu makan untuk menurun secara drastis. Ketika tubuh sehat tentu saja wajar untuk merasa lapar dan makan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Akan tetapi ketika tubuh sedang sakit juga akan menunjukkan gejala yaitu kehilangan nafsu makan seperti biasanya. Sehingga hal ini akan membuat Anda tidak nafsu makan dan membuat tubuh lebih mudah sakit. Gejala ini merupakan ciri khusus yang juga dapat menunjukkan orang terkena virus corona.  

Kehilangan indra penciuman dan perasa


Hilang indera penciuman
FOTO: Tribunnews
Gejala khusus selanjutnya yang dirasakan adalah ketika mengalami kehilangan indra penciuman dan perasa. Banyak kasus dari beberapa pasien yang positif corona juga menunjukkan gejala ini. Dimana mereka tidak bisa lagi untuk merasakan makanan dan juga mencium suatu bau. Sehingga karena beberapa kasus terjadi pada pasien maka tidak heran apabila gejala ini bisa menjadi perhatian khusus dan dimasukkan dalam gejala khusus ketika sudah terinfeksi virus corona. 

Gangguan pencernaan


Gangguan Pencernaan

Ciri virus corona yang terakhir adalah dapat untuk mengalami gangguan pencernaan. Gejala ini juga merupakan ciri yang khusus karena tidak ditunjukkan oleh semua pasien. Dimana untuk gejala paling umum yang dirasakan dan dapat menjadi ciri dari penyakit corona adalah ketika mengalami demam, batuk kering, dan juga sesak nafas. Sedangkan untuk gangguan pencernaan hanya dialami oleh sedikit pasien saja. Ketika terinfeksi virus ini beberapa pasien positif corona menunjukkan gejala gangguan pencernaan seperti diare, mual, dan juga muntah. Sehingga hal tersebut membuat perut terasa tidak nyaman yang juga membuat turunnya nafsu makan. (*) 


Pakdezaki . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates