Friday, May 8, 2015

Suka Duka Freelance


Suka Duka Freelance
 
Saya lupa. Sudah berapa tahun sudah menjalani kehidupan freelance ini. Tidak fulltime sih, masih sekedar side job. Namun, sangat membantu dalam menyeimbangkan neraca pendapatan dengan pengeluaran.
 
Bisa buat jajan, atau mengajak anak jalan-jalan di akhir pekan.
 
Freelance yang saya jalani ini terbagi dua. Freelance tetap dan freelance tak tentu. Freelance tetap adalah freelance yang saya rutin kerjakan. Namun penghasilannya tidak sama tiap bulannya. Tergantung banyaknya pekerjaan yang diberikan/ diselesaikan.
 
Jenis freelance kedua, yang tidak pasti. Kadang ada, kadang tidak ada sama sekali. Kadang sedikit, kadang banyak hasilnya. Freelance jenis kedua ini apa saja. Mulai dari desain grafis, ilustrasi vektor, terjemahan, hingga ketikan online.
 
Dan siapa sangka, hal sepele seperti jasa ketikan online ini justru banyak juga yang mencari dan menghasilkan!
 
Mulai dari pengetikan kas bon pengurukan tanah (Mandor), sekedar yang butuh dibuatin ketikan yang banyak quation dan flow chart-nya, ketikan tugas praktek kuliah, ketikan dari mahasiswa kedokteran yang mengambil spesialis sampai yang membutuhkan jasa ketikan online untuk membantu tesis S-2nya
 
Nah, orang yang terakhir ini, sudah 3x menggunakan jasa saya.
 
Kalo biasanya saya yang menemui dan menjemput naskah ketikan. Klien terakhir ini yang justru menyamperi datang ke rumah. Padahal posisi rumah saya yang sudah masuk Palembang coret alias tidak lagi masuk wilayah Palembang!
 
Begitulah serba-serbi freelance yang saya alami. Aseli, bener-bener capek. Tapi saya senang melakukannya. Karena saya banyak mengenal dengan orang-orang baru, di luar ikatan pertemanan yang selama ini sudah ada.
 
Wassalam..

0 comments:

Post a Comment