Tuesday, July 5, 2016

Seberapa Penting Sih Sebuah Penghargaan Bagi Kamu?

SEBENARNYA, seberapa penting sih sebuah penghargaan buat kamu? Kalau saya sih, iyes! Penting banget. Karena, penghargaan merupakan sebentuk mata uang yang memberikan nilai tertentu kepada seseorang dalam situasi yang mengharuskan dan memungkinkan untuk diberikan reward. 

Entah alasan pemberian tersebut karena suatu prestasi besar atau sebentuk pencapaian pertama, atau bisa juga merupakan penghargaan atas suasana non-materi lain seperti persahabatan, ucapan terima kasih, berbagi kebahagiaan dan sebagainya.


Apalagi di dalam keyakinan saya, memberikan hadiah kepada orang lain, terlebih saudara atau kerabat yang kita kenal sangatlah dianjurkan [1]. Tujuannya, dengan saling memberi hadiah, maka akan semakin mengikat emosi dan pertemanan serta akan mengurangi prasangka-prasangka yang ada di dalam hati. Sesederhana apapun hadiah yang akan diberikan. Apalagi jika hadiah yang diberikan itu, dapat menggembirakan dirinya atau memang sedang dibutuhkan.

Hal ini mengingatkan saya, di penghujung tahun 2013, Chairman kantor di tempat saya bekerja memberikan semacam hadiah kecil-kecilan kepada seluruh stafnya yang saat itu berjumlah sekitar 20-an orang, berupa kesempatan untuk membeli buku secara online senilai Rp.100 ribu/orang.

Nilainya sih memang tidak besar-besar amat, namun karena akhir tahun adalah waktu cuci gudang bagi sebagian besar ecommerce termasuk di salah satu olshop buku. Maka cukup banyak judul buku yang bisa kami beli. Kalau nggak salah, saya waktu itu bisa borong 6 buku sekaligus! Hehe..

Meskipun kami tahu, saat itu uang yang dikeluarkan adalah murni dari kocek pribadi sang Chairman. Namun, kebijakan yang diambilnya tersebut tentu saja menyenangkan bagi kami. Karena, rata-rata staf yang bekerja pada saat itu, sebagian besarnya adalah mantan aktivis kampus yang gemar membaca buku.

Dari situ saya mengambil kesimpulan. Memberi hadiah merupakan bentuk penghargaan yang bisa jadi sederhana - karena menjadi sebentuk perhatian kepada orang lain, atau bisa juga prestisius, jika alasan di balik pemberian hadiah tersebut, ada prestasi membanggakan.

Bahwa pemberian hadiah bisa dilakukan dengan hal-hal unik dan mengena. Tak harus yang mahal atau bergengsi.

Tapi, menurut saya, ide tersebut masih bisa disempurnakan. Karena berdasarkan kenyataan, kebutuhan dan keinginan orang itu tidak serupa di waktu yang sama. Bisa jadi, mereka sedang membutuhkan barang lain, bukan barang yang mereka terima dari perusahaan atau temannya.

Jika demikian, solusi yang paling tepat untuk memberikan hadiah persahabatan atau tanda penghargaan adalah dengan memberikan voucher belanja. Tapi bukan sembarang voucher, dalam hal ini yang paling saya sarankan adalah voucher belanja Sodexo.

Mengapa Sodexo?
Tentu saja, berdasarkan pengalaman pribadi, saya mempunyai beberapa alasannya mengapa memilih voucher belanja Sodexo ini. Yaitu :


Dibanding dengan voucher lainnya, voucher belanja Sodexo mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Dengan voucher Sodexo, anda akan mempunyai daya beli yang bagus. Ditambah, merchant-nya sudah sangat banyak dan tersebar di mana-mana.

Tidak banyak prosedur yang ditanyai oleh teller, saat kita menggunakan voucher ini saat berbelanja. Asalkan vouchernya dalam keadaan baik, tidak lecek atau koyak.


Sehingga, penghargaan berupa voucher belanja akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memilih barang yang akan dibeli. Hal ini tentu saja sangat membantu. Karena, bisa jadi pada saat bersamaan, mereka tengah membutuhkan perlengkapan untuk bayi mereka yang baru lahir atau yang lain.

Voucher belanja Sodexo akan mampu membayarkan sejumlah pengganti uang untuk mendapatkan kebutuhannya. Sangat fleksibel bukan?


Voucher belanja Sodexo sangat mudah digunakan. Saya sudah berulangkali mendapatkan penghargaan hadiah berupa voucher belanja Sodexo ini. Jika dirupiahkan, total nilainya bisa lebih dari Rp1 juta rupiah!

Jika sudah memegang voucher belanja Sodexo ini, rasanya tenang. Tidak was-was lagi akan digunakan di mana. Mulai dari jaringan mal besar hingga ke beberapa kafe-kafe nasional.

Selain itu, saat bertransaksi, memungkinkan untuk dilakukan akumulasi saat digunakan dan pembayarannya bisa digabung dengan uang tunai. Kemudahan ini tentu saja sangat membantu untuk mengurangi beban pembayaran dengan uang tunai. 
Voucher belanja Sodexo diterima di banyak tempat
Terlebih lagi, proses pembayaran di kasir merchant pun sangat cepat, layaknya pembayaran tunai. Ini menunjukkan tingkat likuiditas voucher belanja Sodexo tidak diragukan lagi. Artinya, para merchant sangat percaya, voucher Sodexo terjamin dalam hal kemudahan pencairan nantinya.  


Poin ke-3, meskipun dikeluarkan secara independen - dalam artian tidak berafiliasi eksklusif secara langsung dengan merek retail apapun, nyatanya voucher belanja Sodexo diterima dan bisa dibelanjakan di lebih 306 merchant dan 14242 outlet. Jumlah ini tentu saja akan semakin bertambah, seiring dengan banyaknya pihak yang ingin menjalin kemitraan dan menjadi Merchant Sodexo.

Apa rahasia Sodexo bisa menjalin dengan begitu banyaknya merchant ini? Ternyata, Sodexo tidak memberikan pembebanan berarti bagi para calon mitra yang ingin bergabung. Bahkan Sodexo berani menjamin, untuk biaya pengenalan adalah NOL!


Sudah begitu, kehadiran Sodexo memberikan prestise tersendiri bagi sebuah merchant yang akan meningkatkan brand awareness di mata konsumennya.
Inilah rahasia, mengapa Sodexo memiliki begitu banyak mitra.
Dengan kemudahan yang diberikan kepada calon mitra dan mitranya, Sodexo akhirnya bisa menjalin ribuan kerjasama kemitraan dengan banyak merchant. Dan pada akhirnya, konsumen pun diuntungkan karena lebih banyak pilihan.



Ternyata, voucher Sodexo banyak sekali jenisnya lho! Tak hanya berupa voucher belanja sebagaimana yang jamak kita kenal. Namun, voucher Sodexo juga memiliki lima varian yang merupakan diferensiasi dari produk utamanya. 

Apa saja itu? 

Silahkan dicek dalam gambar berikut :

Wah, ternyata Voucher Sodexo banyak sekali jenisnya.
Yuk kita bahas satu persatu..

Sodexo Food Pass
Saya rasa, inilah inovasi dan juga solusi terbaik yang diberikan Sodexo kepada perusahaan yang ingin memberikan penghargaan kepada karyawannya dalam hal kuliner. Sodexo Food Pass memudahkan perusahaan untuk memberikan perhatian lebih bagi para karyawannya.

Dengan voucher makan prabayar ini, pihak SDM perusahaan telah memberikan perhatian kecil kepada karyawan dalam hal pemenuhan kebutuhan mendasar untuk makan di tempat yang nyaman, dimulai dari pedagang kaki lima sampai dengan restoran dekat kantor.

Sodexo Gift Pass
 
Nah, bentuk voucher inilah yang kita kenal selama ini. Voucher ini adalah solusi cerdas penyediaan hadiah perusahaan, baik untuk karyawan, rekan bisnis atau pelanggan. Voucher ini memberikan kemanfaatan luas untuk dapat dibelanjakan di banyak tempat.


Sodexo Reward Pass
Voucher jenis ini, merupakan bentuk lain dari voucher Sodexo Gift Pass dengan pilihan ekonomis sebagai penyediaan hadiah.

Sodexo Discount Pass
Kartu diskon yang bersifat fleksibel dan bebas berkreasi dalam desain untuk meningkatkan kinerja dan loyalitas dari karyawan dan klien. Sangat cocok untuk diberikan sebagai hadiah.

Sodexo ePass 
Pertama dan satu-satunya voucher belanja elektronik yang dapat digunakan di website-website belanja online terbaik di Indonesia. Sodexo ePass memberikan pilihan lain bagi karyawan ataupun klien untuk diberikan voucher non-fisik. Bisa langsung digunakan tanpa ribet.


Voucher belanja Sodexo memberikan kesempatan penggunaan yang cukup lama. Yakni hingga satu tahun dari voucher tersebut diberikan. Masa batas tertera pada voucher. Sehingga memungkinkan untuk dikumpulkan dan digunakan pada masa tertentu. Menarik bukan, jika voucher pun bisa ditabung, dan bisa dimanfaatkan hingga akhir tahun?

Kesimpulan
There is no a Stick! Only carrot, carrot and many more carrot...
Boleh jadi di era Gen-x, manajemen caroot and stick bisa berlaku efektif. Reward and punishment.

Namun, di era Gen-Z (Zetizen) seperti sekarang ini, hukuman menjadi tidak relevan lagi untuk dikenakan kepada karyawan. Mereka akan dengan mudah keluar, mencari tempat pekerjaan yang lebih nyaman lagi.

Dengan gadget yang ada di tangan, mereka bisa berkantor dari mana saja. Koneksi dapat dengan mudah dibangun dengan bantuan gadget dan social networking. Sehingga, mempertimbangkan untuk memberikan kesempatan untuk mengembangakan diri dalam suasana yang  menyenangkan dan penuh penghargaan, akan memberikan banyak dampak positif kepada kinerja mereka.

Generasi sekarang lebih menyukai suasana persahabatan yang akrab, tidak menyukai permusuhan dan suka saling memberi.Artinya, mereka menyenangi sikap saling menghargai daripada memusuhi.

Dan voucher Sodexo bisa menjadi agen untuk saling memberi hadiah. Saling menghargai. Hanya Voucher Sodexo yang dapat memberikan kemudahan mempersiapkan hadiah untuk Karyawan, relasi serta pelanggan Anda dan memberikan kebebasan dalam memilih hadiahnya

Jadi dengan memiliki voucher belanja Sodexo, maka kita akan memiliki kebebasan untuk memilih dan menyenangkan hati berbelanja di banyak merchant dan outlet mitra Sodexo. Daftar merchant dan outlet yang menerima voucher Sodexo, dapat dilihat pada laman berikut ini :




Semoga bermanfaat!

Referensi:
[1] Dari Anas bahwa, “Hendaklah kamu saling memberi hadiah, karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati.” (Thabrani)

10 comments:

  1. Selamaaaaaaa..tt Pakde!
    Tulisannya bagus dan ilustrasinya kena banget.
    Sudah layak nih jadi juara.
    Ntar saya kecipratan yak? hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ucapannya.
      Doakan aja biar dapat juara pertama yah..
      Salam kenal

      Delete
  2. Saya juga sering menggunakan voucher dari Sodexo ini Pakde. Dan memang penggunaannya mudah. Gak pake ribet.. lebih enak dibanding voucher belanja lainnya.

    ReplyDelete
  3. Betul bgt mas samsul. Dari beberapa kali saya menggunakan vouchernya, semuanya puas. Karena bisa digandeng dengan uang tunai.

    ReplyDelete
  4. Sip pakde!
    Mantap banget tulisannya..
    Selamat udah masuk 17 besar.

    Saya turut berdoa, semoga menang, juara pertama.
    Amiin!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Dessi atas apresiasi dan doanya.. :)

      Delete
  5. Setuju pak.
    Saya pernah dapet vocher dr vendor yg lain, tapi makenya bingung! Merchant mereka rata-rata cuma ada di jakarta doang.

    Akhirnya, vochernya gak kepake smp skrg..
    Sayang tuh, ada 300 ribu. Munf\gkin sbtr lagi angus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayang sekali ya om.
      Padahal kalo pake Voucher Sodexo, banyak sekali merchant yg menerimanya.

      Delete
  6. Buat Yang Hobi Bermain Monopoly Online
    Buruan Gabung Bersama Kami Di Web : Indomonopoly http://bit.ly/2c8G2QW
    Situs Judi Online Terbaik dan Terpecaya di Indonesia
    Gabung Sekarang Juga Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Setiap Harinya Di Indomonopoly
    Apa Saja Keuntungan Anda Bermain Bersama kami di :
    - Web : http://bit.ly/2c8G2QW
    -Minilam Deposit 20.000 Idr & Withdraw 50.000 Idr
    - FAIR PLAY
    - NO admin dan ROBOT
    - Proses Deposit dan Withdraw SUPER CEPAT (SAAT BANK STATUS ONLINE)
    - CS Yang Selalu Melayani Anda Dengan Ramah Dan Baik Selama 24jam
    - Support Bank :BCA - BRI - BNI & MANDIRI Untuk Memudahkan Anda Dalam Melakukan transaksi

    Yuk Buruan Gabung Di Web : Indomonopoly http://bit.ly/2c8G2QW TRIMA KASIH..

    ReplyDelete