Wednesday, December 28, 2016

Gak Perlu Menunggu Artis Korea, Sekarang pun Kamu Bisa Mulai Berbangga Pakai Produk Asli Indonesia

Repro : kapanlagi.com
Masih ingat dengan fenomena artis Korea yang mengenakan sandal jepit buatan Indonesia? Berminggu-minggu sandal tersebut menjadi perbincangan. Tak hanya di dalam negeri tapi juga ke mancanegara! Mendadak sandal jepit naik kelas. 

Cuplikan judul berita di atas contohnya. Bagaimana popularitas sandal mencapai klimaks. Betapa produk Indonesia mendadak menjadi terkenal dan mendunia 'hanya' karena dipakai oleh seorang Sehun - pesohor yang juga sekaligus anggota boyband EXO. Saat grup boyband tersebut berkesempatan manggung di Jakarta pada September 2014 silam.

Bukan hanya EXO-L (fans EXO) saja yang bangga karena sang idola memakai sandal tersebut. Anak bangsa lain juga turut bangga, karena mendadak produk asli Indonesia itu jadi nge-hits di dunia akibat 'mendapat' endorse gratis dari bintang K-Pop tersebut.

Tak berhenti sampai di sana, beberapa orang berotak bisnis pun, menjajal peruntungan dan menjual sandal jepit khas Indonesia tersebut di dunia maya. Tak tanggung-tanggung. Harganya menyampai $20! Atau sekitar Rp 230 ribu. Wow..

Saya juga ikut bangga dan tersenyum dari balik monitor laptop. 

Tapi ada sedikit catatan. Perlukah kita menunggu orang lain yang memperkenalkan - baru kemudian kita bangga dan menebalkan rasa kepemilikan terhadap produk dan budaya sendiri? 

Itu kasus pertama. Sekarang coba tengok kasus kedua ini.

Foto : infospesial.net 
Sebuah produk apparel di bidang olahraga mengeluarkan produk resmi yang mengangkat corak batik indonesia pada tahun 2006 silam.

Jujur saja, Saya sempat bangga juga karena merek tersebut telah memakai dan menulis sendiri jika corak tersebut diambil dari kekayaan budaya Indonesia.

Namun saat tahu kemudian ada petisi online yang menyatakan bahwa merek itu telah mengklaim corak batik sebagai bagian dari paten produk yang dikeluarkannya, mendadak kebanggaan tadi sirna berganti dengan rasa amarah dan ikut tersinggung.

Apakah kita juga menunggu klaim orang lain untuk memulai menunjukkan rasa kepemilikan terhadap produk dan kebudayaan sendiri?

Mulailah menjadi ambassador untuk produk dan budaya sendiri

Indonesia itu kreatif. Sejak dari DNA-nya, orang Indonesia itu sungguh kreatif. Dengan segala kelebihan dan anugerah kecerdasan yang dimilikinya, anak-anak bangsa sangat kreatif dalam memecahkan setiap masalah yang dihadapinya. Apapun itu.

Tengoklah pemberitaan yang mengisi media massa, baik cetak, elektronik maupun daring. Hampir setiap hari termuat berita tentang kreatifitas orang Indonesia yang berhasil dibuat di tingkat individu. Utamanya oleh para anak mudanya.

Baik yang membuat inovasi di tingkat lokal, maupun yang memenangkan kontes di tingkat global. Think Global, Act Local.

Selain itu, mereka - para anak muda, punya cara sendiri untuk mengekspresikan ke-Indonesiaannya. Menggelorakan nasionalismenya. Tak hanya dengan membuat produk. Para anak muda kekinian yang masuk dalam generasi milenia, hadir dengan segala keunikan semangat ekspresionismenya.

Apalagi sekarang, tidak lagi sulit untuk mendapatkan produk asli Indonesia yang kaya nuansa etnik. Saya, Kamu dan Kita juga bisa mengekspresikan hal serupa melalui 100% Produk Kreatif Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Yuk kita lihat sama-sama!

Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia

Blibli.com sebagai pelopor mal online di tanah air, menyeruak memberikan inovasi yang menggembirakan sekaligus membanggakan. Melalui lini Galeri Indonesia Blibli mencoba merangkul UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di tanah air.

Markicek, ada apa saja dalam kanal spesial ini.
Repro: blibli.com
Sesuai dengan judulnya, maka kanal spesial ini berisi ribuan produk khas Indonesia yang kaya akan budaya dan etnik tanah air.

Setidaknya, ada sembilan sub kanal di sini. Mulai dari Galeri Batik Indonesia. Ini tentu saja wajib karena batik merupakan warisan budaya dan telah menjadi identitas bangsa Indonesia. Selanjutnya ada pula Galeri Buku & Musik Indonesia, yang menaungi penulis buku dan musisi serta pernak-perniknya.

Lanjut lagi ada Galeri Kriya Indonesia, yang menampilkan aneka kerajinan bernuansa etnik dengan sentuhan modern. Ini menjadi identitas terkuat kedua setelah Batik yang memberikan keaslian budaya adi luhung tanah air.

Tak lengkap jika kemudian kita tidak menemukan galeri khusus resep dan icip-icip. Ya, Galeri Kuliner Lokal Indonesia hadir memberikan aneka produk yang sudah sangat khas. Dan meski demikian tetap dirindukan untuk diburu dan disantap oleh pemburu kuliner tanah air yang dikenal kaya akan rempah-rempah.

Selanjutnya, Galeri Local Brands Indonesia. Di sini, sebagai pencinta kaos, tentu saja saya menyukai merek lokal Damn I Love Indonesia! Quote yang dibuat keren-keren. Ditambah desain tipografinya itu loh yang bikin kesengsem. Ini wajib buat para anak muda yang ngeksis abis, untuk mengenakannya sebagai simbol nasionalisme yang terus menyala di dalam dada.

Repro : Blibli.com
Oya, di sini tidak hanya kaos oblong loh. Kamu juga bisa temukan aneka topi, tank top, hingga ransel. 

Nah, sepertinya Blibli.com paham benar dengan keberadaan Indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Apalagi saat ini golongan muslim kelas menengah terus bertumbuh. Sehingga adalah suatu keharusan yang wajar, jika kemudian ada sub kanal Galeri Pakaian Muslim Indonesia ini.

Dengan produk yang berasal dari langsung UKM-UKM yang pastinya ingin mempersembahkan produk bermutu, konsumen akan disuguhkan dengan berbagai item pilihan menarik.

Selanjutnya, demi memenuhi hasrat kaum perempuan untuk tampil cantik dan menawan dalam setiap kesempatan, kamu juga bisa temukan Galeri Produk Kecantikan dalam kanal Galeri Indonesia Blibli.com ini.

Selain produk, #BlibliGaleriIndonesia juga mempunyai kanal Galeri Tiket & travel Lokal Indonesia yang selain menyediakan tiket, juga memberikan tempat-tempat eksotis penggoda naluri traveling bagi pencinta jalan-jalan. Terobosan yang sangat menarik, saya kira.
Nah, yang terakhir nih ada yang namanya Galeri Workshop. Unik. Melengkapi Galeri Kriya Indonesia ada galeri workshop yang memberikan informasi workshop ataupun sanggar keterampilan dan kesenian. Iya, ini menurut saya sangat unik.

Karena di sini, kamu akan disajikan beberapa tempat workshop yang memberikan kursus membuat aneka kerajinan. Seperti kriya kayu, boneka, aneka kerajinan tangan dan sebagainya. Kamu mesti coba!
Unik sekali! Blibli.com memuat pilihan galeri workshop ini dan menjadi diferensiasi dengan kompetitornya
Keren banget kan!
Di sini yang dijual adalah jasa kursusnya. Jadi lengkap dengan tanggal pelaksanaan dan lokasinya. Saya rasa ini belum ada di marketplace atau mall online yang lain. Ini terobosan dan tentu saja akan semakin menarik minat bagi mereka yang ingin mengisi waktu luangnya dengan aktivitas bermanfaat dan penuh kreativitas.

Dan tentu saja jangan lupa, kehadiran workshop-workshop seperti ini - saya yakin jumlahnya akan terus bertambah di kemudian hari, berpotensi menjadi pintu untuk menularkan semangat berkreatifitas bagi seluruh anak bangsa. Sehingga, dapat terus melestarikan kebudayaan dan kekayaan imajinasi para pelaku industri kreatif di tanah air.

Nah, bagaimana? Apakah sekarang semangat cinta tanah air kamu semakin membara? Jika iya, ayo tunjukin sekarang juga dengan bangga terhadap produk-produk kreatif buatan anak bangsa dan jadilah self ambassador guna memperkenalkannya ke seluruh dunia!

Jangan sampai kita menunggu orang lain yang memperkenalkannya baru kita kemudian merasa bangga. Atau, menunggu bangsa lain mengklaim kekayaan budaya dan produk asli tanah air, baru kita bereaksi. I very love Indonesia, I very Love Blibli.com. (*) 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blibli.com Blog Competition 

12 comments:

  1. Replies
    1. Wah, koh huang amankan pertamax.
      Makasih Koh

      Delete
  2. Keren!
    Saya juga suka yang bagian workshop ituh. Luar biasa.
    Ini baru terobosan dari Blibli.com guna membantu agar semakin banyak orang yang tertular virus kreativitas dan kekaryaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju..
      Di era red ocean seperti ini, diperlukan terobosan dan diferensiasi luar biasa bagi setiap brand untuk bertahan

      Terima kasih udah mampir Mas Samsul

      Delete
  3. Sip Brother! Tulisannye bagus.

    Beberape kali aku meli liwat Blibli.com, so far so good.
    Apelagi setelah mace tulisan kuyung, caknye ikak bakal jadi terobosan bagi Blibli untuk ambil bagian dalam memajukan UKM-UKM di tanah air..

    Dem itu bae yek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, terime kasih kunjungannye Sis..
      Doake menang yek..

      Delete
  4. Hmm, baru tau saya jika ada galeri khusus di Blibli ini.
    Trims infonya Pakde

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas Admin, coba dikunjungi deh link di atas..
      Banyak banget produk-produk kreatif dan etnik karya anak bangsa di sana.

      Delete
  5. Selalu senang membaca tulisan pakde yg komprehensif. Aku juga dah beli produk Lawe Indonesia di Toko online blibli.com, dan bikin ulasannya juga loh pakde, hehe. Berkualitas pokoknya.

    ReplyDelete
  6. Makasih Mbak Rodame, udah mampir.

    Saya beberapa kali juga belanja di Blibli.com. Sejauh ini memang memuaskan, karena sistemnya yang berkonsep mall online. Jadi semuanya bisa terhandle langsung oleh Blibli.com

    ReplyDelete
  7. Sangat dipermudah ya kita hunting produk lokal, banggalah menjadi orang Indonesia, semoga produk kita semakin berjaya! Hidup Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul banget Mbak Yelli.
      Sudah saatnya, kita menjadi duta untuk budaya dan produk bangsa sendiri. Hidup Indonesia!

      Delete