Saturday, January 21, 2017

Review Asus ZenPower Ultra : Si Bongsor Bertenaga Real Capacity

Kesan pertama saat pertama kali memegang power bank lansiran Asus ini, ukurannya yang besar dan bobotnya yang amatlah berat. Ukuran kotaknya saja sebesar tumbler minuman atau termos kecil. Memberikan kesan tentang ekspetasi tinggi terhadapnya.

Saya beruntung, bisa menggunakan dan merasakan langsung power bank ini. Ia tampil begitu anggun dengan desain membulat di setiap sudutnya, finishing touch nya sempurna, halus, mulus dan cenderung sejuk karena dibungkus dengan bodi berlapiskan anodized aluminium.

Kesan pertama : elegan dan kokoh.
Beginilah ukurannya dibanding telapak tangan saya
Bisa jadi reviewer lain akan menulis kelemahan pertama dari powerbank ini adalah beratnya. Namun, bagi saya pribadi, justru inilah indikasi sebuah powerbank mengusung daya besar. Sebuah konsekuensi logis. Mengingat, dalam sebuah bacaan, tips pertama untuk memastikan apakah batre yang diusung oleh sebuah power bank, benar-benar besar atau hanya tipu-tipu belaka adalah dengan cara ditimang terlebih dahulu.

(Lihat tulisan saya di sini : Panduan belanja power bank yang baik)

Karena, hingga saat ini - dan sepanjang pengetahuan saya, belum ada teknologi yang bisa mengompres real daya ke dalam ukuran mini. Makanya, semakin besar daya yang tersemat dalam sebuah batre - seperti halnya powerbank, maka akan semakin besar (dan berat) pula ukuran batre tersebut.

Sehingga, saya sering geli dengan banyaknya produsen powerbank abal-abal yang dengan pede menulis besaran dayanya hingga ratusan ribu mAH. Tapi pas ditimang, bobotnya tak lebih berat daripada sebuah hape low end. 

Haduh..

Unboxing


Nah, dari kesan pertama inilah yang bisa memberikan keyakinan kepada calon pembeli jika powerbank Asus ZenPower ultra ini cukup untuk 'menghidupi' beberapa gadget dalam aktivitasnya. Terutama bagi mereka yang sudah tahu dengan kualitas produk lansiran Asus ini. Nggak perlu mikir dua kali untuk segera memilikinya, worthed bangetlah pokoknya.

Oya, di dalam kemasannya, kamu akan mendapatkan satu unit powerbank, satu pouch untuk membungkus powerbank, kabel power, satu kartu garansi dan satu user manual book.

Paket unboxing Asus ZenPower

Kelengkapan port Asus ZenPower Ultra


Performa Asus ZenPower Ultra


Bagaimana dengan performa powerbank Asus ZenPower Ultra ini? Baik, mari kita mulai.

Berat powerbank Asus ZenPower Ultra ini sekitar 420 gram, alias hampir setengah kilo! Dan di atas kertas, daya yang diusungnya mencapai 20100 mAH. Jika batre hape kamu masuk yang minim - biasanya 1500 - 2000 mAH saja, dengan efisiensi daya sekitar 80%-90% saja (ingat pelajaran Fisika) maka hape kamu bisa dicas hingga 8-9 kali!

Wow - amazing!

Bisa untuk men-charge Asus Zenfone 2 hingga 4 kali 
Apalagi, klaim dari Asus yang tertera di kotaknya, power bank ini mampu men-charge ASUS ZenFone 2 hingga lebih dari empat kali! Tahu sendiri kan, batrenya Asus ZenFone besarnya berapaan? 3000 mAh!

Saya mencoba men-charge tiga gadget yang saya miliki : Iphone 4, Ipad 2 dan featured phone Samsung Guru. Masing-masing dengan kapasitas 1420 mAh, 6930 mAh dan 800 mAh. Diisi dari kondisi 20% saja. Total kurang lebih 8000-an mAh.

Tentu saja, masing-masing, mempunyai waktu isi ulang berbeda-beda. Mulai dari setengah jam untuk featured phone hingga 3,5 jam untuk Ipad 2. Setelah diisi, lampu indikator berubah dari empat menjadi dua lampu yang tersisa.


Artinya, setelah 'hanya disiksa' untuk mengisi ketiga gadget tersebut. Masih buaanyak, daya yang tersisa. Sangat menarik bukan?

Apa Saja Keunggulan dari Asus ZenPower Ultra

Selain dayanya yang besar, apalagi fitur unggulan dari Asus ZenPower Ultra ini? Yuk kita kupas bareng-bareng..

1. Produk yang Handal

Seperti jamak diketahui, jika produk-produk Asus telah melalui beragam tes pengujian yang ketat dan cenderung ekstrim untuk memastikan kehandalannya. Untuk powerbank terbarunya ini, Asus melakukan beberapa pengujian di antaranya pengujian beban, USB Plug Test dan Drop Test.

Dengan berat mencapai 420 gram, maka tes ini dilakukan dengan melakukan pengujian pembebanan seberat 50 kg, dijatuhkan dari ketinggian hingga 80 cm serta dilakukan colok-cabut port USB hingga 5000 kali. Hasilnya? Aman! Powerbank tetap mampu beroperasi optimal.

2. Cantik dan Multi-Fungsi

Dengan kapasitas segede gaban, powerbank ini mampu melayani pengisian ulang banyak perangkat cerdas. Mulai dari smartphone, tablet, music player hingga perangkat semacam pocket wifi dan gadget berbasis USB port lainnya. Asus ZenPower Ultra memberikan 2 port Quick Charge yang menawarkan kecepatan pengisian ulang hingga 1,75 kali dengan teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0.

Selain itu, gadget pengisi daya ini juga dilengkapi dengan teknologi auto-connect. Dari dalam keadaan mati, bisa langsung melakukan pengisian daya ketika terhubung dengan gadget yang hendak diisi. Dan otomatis mati saat kabel power dicabut.

Note : Tentang pengisian cepat, musti harus dilakukan beberapa kali pembuktian. Karena, secara pribadi -perangkat ini baru sekali digunakan, belum terlihat maksud kecepatan isi ulang yang dimaksud oleh Asus ini.

3. Fitur Pengaman yang Lengkap

Untuk powerbank Asus ZenPower Ultra ini, Asus tidak main-main memberikan fitur pengamannya. Setidaknya ada 11 fitur pengaman yang disematkan oleh Asus. Selengkapnya bisa disimak dalam infografis di bawah ini :



4. Waktu pengisian ulang perangkat yang cepat

Teknologi Qualcomm® Quick Charge™ 2.0 juga disisipkan untuk proses pengisian daya powerbank ini sendiri. Sehingga, untuk memenuhi ember kapasitas daya sebesar 20100 mAh dari keadaan kosong, hanya diperlukan waktu 7,5 jam saja. Pencapaian ini, 46% lebih cepat dari pengisian normal pada tegangan 5V-2A. 

Artinya, pengisian ulang powerbank ini bisa sambil ditinggal tidur malam kan ya? Lagian, nggak setiap malam kok, kamu musti mengisi ulangnya. Soalnya, dengan penggunaan normal, niscaya Powerbank ini bisa bertahan 3-4 hari. Kecuali jika powerbank ini diajak untuk menjelajah hutan berhari-hari.

5. Gimmick lainnya   

Sebagai pemungkas, Asus menyematkan High Luminance LED Flashlight yang dapat dimanfaatkan sebagai senter / penerangan dalam keadaan darurat. Cukup terang jika harus dibawa melihat di dalam kegelapan gua atau pas mati lampu biasa juga bisa. Senter ini diklaim dapat menyala selama 100 jam! Lumayan banget.. 

Spesifikasi Lengkap Asus ZenPower Ultra

Nah, biar nggak tersesat informasi, berikut spesifikasi lengkap dari Asus ZenPower Ultra 20100 mAh dikutip dari laman resminya. 



Nah, demikian sedikit review tentang Asus ZenPower Ultra berkapasitas raksasa 20100 mAh. Secara pribadi, powerbank ini layak untuk dimiliki. Utamanya jika kamu memang sering berada di luar ruang, senantiasa mobile dan aktivitas online yang intens sehingga butuh sumber daya yang mumpuni. Ditambah jika kamu sering kecewa karena di-PHP-in oleh produk powerbank abal-abal.

Semoga bermanfaat ya! (*)

5 comments:

  1. besak, panjang, item legam.. wow... perkasa *ehh haha

    aku udah coba pake zenpower ini pas keluar kota dan memang awet bener kualitasnya gak abal-abal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waoow.., hitam perkasa!
      Saya malah menduga-duga ini bisa juga kali untuk powerbank laptop. Tinggal cari konektornya saja, kayaknya..

      Delete
  2. Wah bisa sampe charging 4 kali, mesti tenaga dalamnya kuat hahaha. Aku suka desainnya yang simpel :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, ada om Nduut ikut komen. Terharu saya. Hehe..

      Terima kasih apresiasinyo om.

      Delete
  3. 20100 MAH, wah gede ya, bisa ngisi sampe penuh berkali kalin nih

    ReplyDelete