Keep It Simple Stupid

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Hai teman, terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana milik saya. Seperti judul yang saya buat di atas, posting kali ini bertujuan untu...

Tutorial Dasar CorelDRAW untuk Pemula

Hai teman, terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana milik saya. Seperti judul yang saya buat di atas, posting kali ini bertujuan untuk membantu teman-teman yang ingin belajar CorelDRAW mulai dari nol.



Mengapa harus CorelDRAW?

Yups, karena CorelDRAW adalah aplikasi pengolah grafis berbasis vektor yang sangat populer dan banyak digunakan di dunia. Hingga saat ini, CorelDRAW sudah merilis versi X8 (baca: Delapan Belas). Dan setiap upgrade versi, tentu banyak peningkatan dari sisi performa, tools dan kemampuan teknis lainnya.

CorelDRAW juga semacam aplikasi impian saya, yang bisa menggambar apa saja. Mulai dari garis-garis sederhana hingga yang paling rumit sekalipun. Ya, dengan CorelDRAW kamu akan bisa membuat WPAP, wajah orang mulai dari line art, kartun hingga wajah realistis. Kamu juga bisa leluasa membuat Infografik, peta, denah rumah sederhana sampai desain-desain fantastis.

Keuntungan belajar CorelDRAW

Dan yang pastinya, selain bisa memenuhi hasrat berkesenian, di titik manapun kamu berhenti explore CorelDRAW, di situ tetap terbuka peluang untuk berwirausaha. Membuka percetakan, jasa desain, mulai dari kelas percetakan pinggir jalan hingga profesional ke bidang advertising.

Atau jika kamu merasa cukup dengan beberapa skill dasar CorelDRAW ini, maka kamu bisa terjun ke dunia marketplace desain dan menentukan sendiri berapa harga jasa desain kamu.

Sebagai pemula, kamu bebas mau menggunakan versi berapa saja. Tidak masalah. Namun, biasanya versi berapa yang dipelajari, akan menjadi favorit di kemudian hari, dan bakal enggan pindah ke lain hati. Saran saya pribadi sih, gunakan versi CorelDRAW X6 ke atas. Karena, lebih banyak kemudahan dan peningkatan tools secara signifikan. Nanti kamu akan tahu bedanya dibanding versi yang lawas.

Oya, posting kali ini, tidak akan memberikan tutorial. Cuma untuk say hello saja. Tapi tenang, setiap pos tutorial yang terkait dengan CorelDRAW dan vektor akan saya bagi linknya di sini. Sehingga menjadi lebih rapih dan sistematis.

Tentu saja, apa yang saya berikan di sini, bukan berarti saya lebih baik dari teman-teman semua. Saya hanya berkesempatan duluan dari teman-teman untuk belajar. Jadi dengan ketekunan belajar, Insya Allah, apa yang saya tahu akan saya bagi di sini. Harapannya, banyak teman-teman akan mendapatkan manfaat dan bisa untuk berlatih mandiri.

Spesifikasi Minimal CorelDRAW

Lalu, spesifikasi komputer seperti apa yang dibutuhkan?

Sebagai pengolah grafis, tentu spesifikasinya disesuaikan dahulu. Takutnya jika kita menggunakan spesifikasi yang rendah malah lemot dan nggak leluasa berkreasi. Untuk komputernya, bisa pake laptop bisa pake PC. Bisa bekasan atau baru. Jikapun tidak, bisa numpang di rental atau warnet terdekat yang di dalamnya sudah terinstal aplikasi CorelDRAW.

Sistem minimal untuk CorelDRAW X6 ke atas

1. Sistem Operasi : Windows 7 SP1 / Windows 8/8.1 / Windows 10 (32bit dan 64bit)
2. Intel Core 2 Duo/ AMD Athlon 64 atau kalo versi sekarang minimal Intel Core I3
3. Memori/RAM : 2 GB atau lebih baik 4 GB
4. Hard Disk : kebutuhan pada instalasi minimal 2 GB
5. Resolusi Monitor : 1280 x 768 atau lebih

Bagaimana dengan komputer dengan spek di bawahnya? Tenang, masih masih bisa kok diinstal CorelDRAW X7. Seperti Intel Celeron Dual Core N2850 atau di atasnya. N3000 dengan empat inti juga masih bisa, asalkan RAM sudah dinaikkan menjadi 4 GB.

OK, demikian dulu posting pertama ini. Ke depannya silahkan dipantau blog saya ini atau bookmark saja postingan Tutorial Dasar CorelDRAW untuk Pemula ini.

Tabik!

Kumpulan Tutorial Dasar CorelDRAW untuk Pemula : (Akan diupdate secara berkala)

0 coment�rios: