Keep It Simple Stupid

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Salah satu kesalahan fatal yang seringkali menghinggapi para desain grafis pemula, adalah keinginan untuk menampilkan karyanya sebagus mungi...

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan oleh Desainer Grafis Pemula

Salah satu kesalahan fatal yang seringkali menghinggapi para desain grafis pemula, adalah keinginan untuk menampilkan karyanya sebagus mungin, dengan warna yang wah, teknik paling mutakhir dan kaya akan efek-efek canggih.


Apakah salah? Saya berkeyakinan, di dalam dunia kreatif desain, tidak ada salah atau benar. Yang ada hanyalah, apakah sudah tepat sasaran dan apakah karya tersebut memberikan manfaat yang setimpal dengan value-nya?

Kembali lagi, kesalahan fatal tersebut terjadi karena mereka ada satu yang terlewati. Yakni, lupa akan pesan apa yang ingin disampaikan. Apa big idea yang ingin dimasukkan ke dalam alam pikiran audiens.

Jangan lupa, bahwa karya desain adalah salah satu bentuk media informasi. Sehingga, sebagai bentuk media, maka ada pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Maka tak heran, jika ada gambar yang sangat bagus, namun hampa. Nirmakna.

Jadi, buat kamu (dan saya juga sebenarnya) yang ingin terjun ke dunia kreatif grafis, mulailah untuk lebih tertib dalam berkarya. Jangan apa-apa, sudah memikirkan efek yang ingin dicapai. Tools apa yang ingin digunakan.


Itulah mengapa para desain profesional, mampu menghasilkan karya yang benar-benar orisinil. Karena mereka berpikir mulai dari pesan apa yang ingin disampaikan. Dari sana mereka mulai mengumpulkan bahan pendukung, riset kecil-kecilan dan baru eksekusi.

Jika masih mengutamakan alat dan efek yang ingin digunakan, maka yakinlah, karyamu akan terjebak pada stereotype desain orang banyak. Generik dan tidak menarik.

Tabik. (*)


0 coment�rios: