Kamis, 14 Januari 2021


Cari laptop itu ibarat cari jodoh. Serius lho..

Mencari pasangan yang bakal menemani hidup kita itu tidak bisa sembarangan, musti mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari bebet, bibit dan bobot. Tujuannya supaya hubungannya langgeng, awet, sampai kakek-nenek. Dan tidak mudah menyerah begitu saja saat menghadapi masalah hidup. 

Apalagi di saat pandemi sekarang ini. Sebuah berkah dapet istri yang tetap setia, meskipun penghasilan hanya cukup untuk makan dan bayar cicilan. 

Istri idaman juga siap diajak bertukar pikiran buat cari jalan keluar. Meskipun hanya di rumah saja, ia mampu menyenangkan pandangan suami. 

Begitu juga soal mencari laptop untuk kebutuhan Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) ataupun work from home. 

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Butuh banget kan dengan perangkat yang siap mendukung kamu belajar daring atau menyelesaikan pekerjaan secara remote dari rumah? 

Mulai dari urusan mengerjakan tugas sekolah, menonton tutorial praktikum, merancang presentasi tugas kelompok, membuat mading virtual sampai kegiatan belajar mengajar tatap muka via aplikasi meeting online semacam zoom atau Google Classroom.

Bagi karyawan pun sama. Mengerjakan laporan, menulis proposal penawaran, meeting online dengan tim, sampai membuat presentasi untuk klien dan atasan.   

Tentu saja, dalam mencari spesifikasi laptop idaman untuk kebutuhan PJJ pun sudah memiliki standar kenormalan sendiri. Nggak bisa jika cuma bilang, "Yang penting bisa ngetik Mas", atau "Yang murah-murah nggak apa-apa kok Mas, ntar tahun depan kita ngajuin lagi..".

Duile Beb, laptop sekarang bukan cuma untuk ngetik. Apalagi pekerjaan sekarang banyak mintanya. Kalo ngetik mah, mesin tik punya almarhum kakek saya yang pensiunan pegawai masih bisa dipake. Tapi kan nggak bisa langsung dikirim lewat email tuh

Trus, kalo ada salah ketik, nggak bisa Ctrl+Z lho.. Koreksinya pun musti pake tipe-ex kan? Ribet en bikin belibet deh pokoknya!

Hehe..

Saya cuma ingin bilang, kalo memang zamannya sudah serba internet seperti kita ini, ya mau tak mau kita kan harus menyesuaikan diri. Ngapain juga pakai kacamata kuda, kalo teknologi sudah bisa membantu kita sampai pekerjaan paling rumit sekalipun. 

ASUS VivoBook14 A416: Laptop Idaman Guru hingga Karyawan di Masa Pandemi


Nggak salah deh, kalo ASUS Vivobook14 A416 ini menjadi laptop idaman bagi pelajar, mahasiswa, guru hingga karyawan yang terpaksa harus melakukan PJJ atau WFH di rumah. Seabrek kelebihannya bisa menjadikan laptop super kece ini menjadi pilihan yang bersahabat. 

Eh, tunggu dulu. ASUS ngeluarin produk baru lagi ini?  

Yoi babe, namanya ASUS Vivobook 14 A416. Spesial dicipta untuk kamu yang saat ini butuh banget yang namanya laptop dengan kemampuan di atas rata-rata buat belajar dan bekerja dari kamar, dari ruang tamu, dari rumah mertua, dari mana saja deh. 

Yaudah, yuk kita kepoin dulu..

1. Desainnya cakep, ringkas dan ringan

Ngapain harus cakep Mas? Ya, kan saya bilang tadi milih laptop sama kayak milih istri. Biar kalo diajak kondangan bikin kita bangga. Bininya cantik Mas - siapa dulu dong lakinya. 

Laptopnya cakep, yang pegang kan memang guanteng. Hihi..

Terus urusan selanjutnya juga musti ringkas. Bentuknya pas dimasukkan ke dalam tas. Nggak ada bagian dari casing-nya yang menonjol tidak perlu atau bersudut tajam. Kan enak tuh, kalo lagi bengong di depan laptop, bisa sambil elus-elus itu permukaannya yang mulus, trus nggak bosen mandangin bezel-nya yang sempit. 

Coba kalo yang kepegang bagian yang tajam bisa buyar khayalan tingkat tinggi kamu. Yekan? 

Thus, namanya laptop kan memang diciptakan buat mudah dibawa kemana-mana. Ruang tamu, meja makan, meja kerja sampai ke atas kasur.  So pasti, bobot laptopnya harus ringan, form factor-nya kokoh, dan dalam keadaan kepepet juga bisa dipegang satu tangan.

Sejak pandangan pertama, mbaknya cantik ya desain mewah laptop ini sudah terpancar dari kesederhanaannya. Sentuhan desainnya mengingatkan pada kemewahan pada jajaran ASUS Zenbook. Sentuhan akhirnya begitu sempurna. Dengan beratnya yang tak lebih dari 1,6 kg dan ketebalannya yang hanya 19,9 mm membuat laptop ini begitu ringkas dan pas dimasukkan ke dalam tas. 

Ditambah lagi, charger-nya pun mengusung konsep kekinian yang  minimalis namun mampu memberikan daya yang dibutuhkan. Sehingga, tidak membutuhkan ruangan besar untuk dimasukkan ke dalam tas. Dayanya sendiri sanggup menyuplai hingga 37 WHrs dan berjenis 2-cell Li-ion.  

Kok bisa ya, ASUS Vivibook14 A416 ini lebih ringkas dibanding laptop ukuran 14 inchi lain. Ternyata, rahasianya berkat teknologi Nano Edge Display. Teknologi layar khas ASUS ini memungkinkan bezel dipangkas sedemikian rupa sehingga rasio screen-to-body mencapai 82%.

Syarat pertama masuk ya?

2. Layar lebih luas, nyaman di mata dan harus sudah berkamera


Serius ini. Untuk kenyamanan dalam belajar dan kelas online kamu butuh laptop dengan layar lebar. Dan tentunya juga sudah ada kamera depannya. Kalo layarnya kecil dan kameranya burem, kamu nggak bisa maksimal nunjukin betapa glowing-nya kulit wajah kamu. Nggak tau mereka kalo kamu barusan pake disinfektan sabun cuci muka yang terkenal itu.

Layar lebar juga bisa kamu manfaatin buat mantau teman-teman kamu yang lagi meeting online. Mana yang bener-bener nyimak mana yang ngantuk. Atau yang cuma pakai seragam atasan saja, sementara bawahnya koloran doang. Hehe.. 

Kenyamanan layar selanjutnya adalah pada teknologi yang digunakan. Semakin canggih teknologi layar yang digunakan maka akan semakin nyaman pula mata kamu untuk lama-lama belajar ataupun bekerja di depan laptop. 

Sama kayak ASUS Vivobook14 A416 yang telah dibekali layar LED backlit berukuran 14 inchi dengan aspek 16:9 beresolusi hingga Full HD

Layar LED backlit memungkinkan tampilan layar menjadi lebih terang dengan kontras tinggi. Meski begitu, konsumsei watt-nya lebih rendah. Dengan tekologi ini laptop bisa dibuat lebih tipis dan umurnya menjadi lebih tahan lama.

Dan yang lebih okenya, laptop ini sudah dilapisi dengan lapisan anti-glare alias bebas pantulan anti-silau. Untuk meeting online nggak silau, mau rehat sejenak menikmati drama korea atau streaming online anime favorit, puas sangat

Ditambah juga, sudut pandangnya sudah selebar maksimum 178 derajat. Artinya, laptop ini tidak anti-sosial alias, bisa digunakan bareng-bareng. Teman kamu yang nyempil di posisi paling pinggir, asal masih bisa melihat monitor bagian depan, tetap bisa melihat layar laptop kamu dengan jelas. Asik banget kan

3. Otak prosesornya gegas, dari generasi terbaru

Otaknya laptop ya prosesor. Buat melakukan banyak hal, butuh laptop dengan prosesor terkini. Sama kayak istri kita di rumah. Kan enak kalo ngobrol cepat nyambung, bisa tuker pikiran mikirin strategi usaha berikutnya dan tentu saja, sama hebatnya bisa multitasking. Bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. 

Sambil buka aplikasi office, dengerin lagu, googling dan memantau percakapan grup di web-based aplikasi pesan instan. Semuanya haruslah bisa ditangani oleh laptop kamu. 

Saran saya, pilihlah prosesor terbaru seperti Intel Generasi 10 ini. 

Otak cerdas, bikin laptop kuat pikir dan nalar, hingga kerjaan pun tuntas sesuai target. 

Itulah ASUS VivoBook14 A416. Dicipta sebagai laptop serba bisa untuk semua kalangan, laptop ini telah ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core dan GPU NVIDIA GeForce. 


Intel Core Generasi ke-10 menjadi standar baru otak komputer dengan proses fabrikasi 10nm. Lebih gegas dan telah mendukung teknologi terkini seperti Wi-Fi 6 (Gig+), Intel Ethernet Connection I225, dan teknologi Thunderbolt 3 termasuk kemampuan untuk menampilkan video HDR 4K dan game 1080p.

Kehadiran Graphic Processing Unit (GPU) dari NVIDIA ini akan memberikan sentuhan grafis yang halus. GeForce MX330 hadir dengan 384 CUDA Core, 24 tekstur unit dan base/boost clock speed 1,531 MHz/1,594 MHz. Sangat penting bagi mereka yang bekerja di dunia grafis. 

Meski memang bukan ditujukan untuk melaksanakan pekerjaan berat seperti workstation atau render 3D model, namun kombinasi prosesor Intel Gen 10 + memori SSD + kartu grafis, sudah sangat cukup. 

Kabar baiknya ASUS Vivobook14 A416 varian tertinggi telah dilengkapi prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Sehingga dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, berselancar di internet, atau menikmati konten multimedia.

Dipadu padankan dengan dual storage 1TB HDD + 256GB PCIe SSD dan GeForce MX 330. Makin ciamik pokoknya dah..       

4. Kelengkapan I/O Port dan wireless protocol


Paham ya I/O Port. Itu lho, bagian kiri-kanan laptop. Tempat kamu colokin aneka piranti tambahan. Kayak flashdisk, kartu memory, slot untuk ke proyektordan printer. 

Soalnya, ini penting untuk menunjang kelancaran kerja dan belajar kamu. 

Selain untuk menyambungkan device di atas, kehadiran I/O port juga berguna buat transfer data, penyimpanan ke hardisk eksternal, kartu memori dan tentu saja flashdisk. 

Untuk urusan ini, ASUS VivoBook 14 A416 sudah dilengkapi dengan port USB-C 3.2, yang dapat diputar balik hingga sangat membantu dalam menghubungkan perangkat. Apalagi USB Type-C ini memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 

Selain itu ada juga port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader - sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor Anda saat ini dengan mudah.

Termasuk juga soal penerimaan sinyal nirkabel lain seperti wifi dan bluetooth. Penting banget untuk komponen yang satu ini, kan semua pekerjaan kamu statusnya online atau dalam jaringan (daring). Alat ini untuk menerima pancaran hotspot internet, baik dari hape kamu maupun router di rumah

Laptop ASUS Vivobook14 A416 sudah terintegrasi dengan Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1.

5. Teknologi Penyimpanan HDD atau SSD atau Kombinasi Kedua-duanya 


Nah, setelah urusan tampilan dan otaknya, kamu juga penting untuk mempertimbangkan soal penyimpanan. Saat ini dikenal yang namanya HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Disk). 

Kedua-duanya memiliki kelebihan sendiri. SSD merupakan bentuk penyimpanan terbaru dibanding HDD. Seperti namanya, bentuk penyimpanan SSD lebih solid dibanding HDD yang masih mengandalkan cakram berputar di dalamnya. Teknologi ini sangat baik untuk mendukung pekerjaan komputasi harian kamu.

Jika kamu menginginkan performa terbaik, kamu bisa pilih laptop yang menawarkan dual storage. Pake HDD dan SSD sekalian. Dijamin deh, kombinasi ciamik antara prosesor, RAM dan HDD+SSD, bikin laptop kamu bakal tambah ngacir!  

Nah, kalo di ASUS Vivobook14 A416 ruang penyimpanan yang ditawarkan berbasis disk drive (HDD), SSD jenis PCIe atau malah kombinasi keduanya HDD+SSD. Baik jenisnya maupun kapasitasnya, dikombinasikan pilihannya oleh ASUS untuk kamu. 

Mengapa storage itu penting? 

Jawaban pertama ya pentinglah. Ia ibarat memori otak, menyimpan segala kenangan data pekerjaan kita. Kecepatan baca dan tulisnya, akan sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop secara keseluruhan. 

Jawaban kedua, selain sebagai media penyimpanan, storage juga berfungsi menjadi memori cadangan (virtual memory RAM) saat memori utama (RAM) tengah dibebani pekerjaan yang berat. Ini agar laptop kamu nggak mati mendadak. Akibat load yang terlampau tinggi. 

Virtual RAM ini akan mengambil beberapa ruang kosong di hardisk komputer kamu dan berguna untuk mengeksekusi perintah/aplikasi yang akan digunakan selanjutnya.    

6. Cari yang bonusnya plus-plus

Lha, apa hubungannya ya? Bisa dapet laptop bagus saja sudah syukur kan? Apalagi waktu saya beli laptop kosongan kemaren, langsung diinstalkan windows, office dan ratusan lagu. 

Tapi bajakan kan? 

Iye..

Bwahaha.. makanya pilih dong ASUS VivoBook 14 A416. Laptop idaman para pelajar dan karyawan di masa pandemi. Spesifikasinya sesuai kebutuhan kamu, langsung dapet bonus Windows 10 dan Microsoft Office Home & Student 2019 asli! Yang berisikan MS Word, Excel dan Power Point. 

So, kamu nggak perlu keluar biaya lagi untuk beli software. Ori dan bebas diupdate pulak.

Langkah awal yang bagus untuk mencari keberkahan kan

ASUS Vivobook14 A416 Hadir dalam tujuh varian 

Oya, biar gak salah paham. 

ASUS VivoBook14 A416 sangat mengerti kamu. Oleh karenanya ia hadir dengan tujuh varian disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti kamu. Iya untuk kamu, spesial lho.

Tujuh varian ini dibedakan berdasarkan kombinasi prosesor - mulai dari Intel Celeron N4020 hingga Core i5 generasi ke-10, lalu kartu grafis (mulai dari Intel UHD Graphics hingga GeForce MX330, lalu layarnya (mulai dari HD hingga FullHD IPS) dan yang terakhir yakni storage.

Berikut selengkapnya tujuh varian ASUS 14 A416 : 


Selain penyebutan secara khusus komponen variasi di atas, selebihnya sama. Seperti soal layar, RAM, dan desain secara keseluruhan.  

Fitur Unggulan ASUS Vivobook14 A416 Lainnya 

Hadir dengan beberapa varian, memberi kesempatan kepada konsumen seperti kamu untuk merasakan sensasi teknologi terkini dan fitur plus dari ASUS. Apa saja itu?

1. Fingerprint Sensor


Jika kamu menuntut lebih soal keamanan, varian VivoBook 14 (A416) di antaranya telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Ini tentu saja akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. 

Karena biasanya, fitur fingerprint cuma ada di laptop high end. Dengan fitur ini pengguna VivoBook14 A416 dapat masuk ke sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password. Duh, keren banget ya. Kayak film-film sci-fi, tapi yang ini nyata! 

2. Konstruksi Kokoh dan Perlindungan Ekstra


Konstruksi solid nan kokoh ASUS VivoBook14 A416 memungkinkan memberikan perlindungan lebih. Bagian sasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. 

Terhadap keamanan hardisk dari kerusakan fisik, ASUS memberikan perlindungan plus bernama E-A-R HDD Protection. Dengan perlindungan ini, HDD kamu akan selamat dari guncangan dan getaran yang berlebih. 

3. Semua Menjadi Mudah dengan MyASUS 


Dengan tambahan satu aplikasi MyASUS, laptop kamu mendapatkan kemudahan dalam sinkronisasi perangkat dan troubleshooting. Aplikasi sangat penting untuk memantau kesehatan laptop, melalui pemindaian sistem, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. 

Dengan MyASUS ini juga, kamu dapat melihat status masa garansi perangkat dan ada juga fasilitas untuk menghubungi CS-nya. 

Oya, jangan lupakan fitur di dalamnya yakni Link to MyASUS. Dengan fitur ini, yang berfungsi sebagai protokol, kamu dapat menghubungkan smartphone kamu laptop, termasuk melakukan panggilan telpon langsung dari laptop, menampilkan notifikasi di layar laptop hingga berbagi file antara laptop dan smartpone serta mampu pula menjadikan smartphone sebagai layar kedua. 

Sipdah, keren bangetts!  

4. Numpad virtual


Kamu nyadar nggak sih, kalo kehadiran deretan angka yang biasanya ada di sebelah kanan keyboard desktop ternyata hilang kalo di laptop, khususnya yang lebarnya 14" ke bawah. Sedih ya, soalnya kehadiran numpad sangat berarti untuk melakukan perhitungan sederhana. Karena lebih kompak dan bisa melakukan penjumlahan sambil memejamkan mata. 

Nah, di ASUS Vivobook14 A416, fitur ini hadir kembali tapi secara virtual. Tepatnya di bagian touchpad. Dengan menekan tombol khusus yang ada di deretan Fn key, numpad-nya akan muncul. Cantik ya.. 

Kesimpulan: Bobot, Bebet dan Bibit ASUS Vivobook14 416

Kata orang dahulu, milih jodoh itu harus jelas bobot, bibit dan bebetnya. Biar dapet mantu idaman. Dicinta oleh anak, disukai orangtua dan syukur-syukur akur dengan nenek kita.

Dari penjelasan panjang lebar di atas, maka dapatlah kita tarik kesimpulan soal bobot, bebet dan bibit ASUS Vivobook14 A416 ini. 

1. Bobot

Makna dari Bobot artinya kualitas diri, lahir dan bathin

Kualitas laptop dilihat dari hardware dan softwarenya. ASUS Vivobook14 A416 jelas kualitasnya. Sudah didukung prosesor hingga Intel Core Generasi ke-10, GPU NVIDIA 330MX dan storage SSD dan software asli! 

Kualitas adalah ASUS itu sendiri. 

2. Bibit

Bibit bermakna asal usul atau garis keturunan.

So pasti, laptop Vivobook14 A416 ini keluaran ASUS. Vendor laptop terkemuka di jagat teknologi dunia. Reputasinya tak perlu diragukan lagi.

3. Bebet

Bebet atau cara berpakaian. Meskipun kata orang jangan menilai buku dari sampulnya, bagi ASUS itu tidak berlaku. Bebet malah menjadi poin pertama dan penting. Tengoklah bagaimana sentuhan akhir ASUS kepada Vivobook14 A416. Mewah dalam kesederhanaan.

Berikut spesifikasi utamanya : 


Menarik sekali bukan?
ASUS menghadirkan Vivobook14 A416 dalam rentang varian yang cukup luas. Harganya pun bervariasi, mulai dari 4 jutaan hingga 10 jutaan. Spesifikasinya pun disesuaikan dengan kebutuhan kita. Iya, saya dan kamu! 

Tabik!


1 komentar:

Asus memang brand top dan sudah memiliki ribuan penghargaan. Tahun 2019 saja sudah menerima 4000 lebih penghargaan. Asus juga merupakan perusahaan terkhnologi yang ramah lingkungan. Saya sendiri pakai Asus udah 5 tahun lebih tapi masih ngebut aja performanya.

REPLY

Pakdezaki . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates