Selasa, 17 Agustus 2021

 Ilustrasi Shalat Istikharah 

Adakalanya, kita dihadapkan pada dua atau lebih pilihan dalam menyelesaikan sesuatu. Kondisi lainnya, kita harus menentukan dari dua pilihan untuk membuat keputusan yang cukup membingungkan. Jika demikian, sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunah istikharah. 

Shalat Istikharah sendiri adalah ibadah yang baik untuk dilakukan ketika seorang muslim tengah bimbang dalam memutuskan sesuatu. 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW pernah mengungkapkan tentang keutamaan sholat istikharah: "Di antara kebahagiaan anak adam ialah sholat Istikharah (minta pilih) daripada Allah Taala dalam segala urusannya. Dan di antara kecelakaannya anak adam ialah meninggalkan sholat Istikharah daripada Allah pada segala urusannya".

Hal ini dimaksudkan agar umat muslim selalu mengingat Allah SWT termasuk ketika dirinya ingin mendapatkan jawaban dari beberapa pilihan yang membuat hati serta pikirannya terasa berat. Sebab Allah SWT akan menolong siapapun yang meminta pertolongannya, dan oleh sebab itu maka sholat istikharah bisa menjadi jembatan antara seorang muslim dengan Allah SWT. 

Kebahagiaan yang dimiliki oleh umat muslim dibandingkan umat lain adalah, umat muslim memiliki hak untuk memohon jawaban kepada Allah SWT atas pertanyaan demi pertanyaan yang ia miliki, dan keistimewaan ini tidak dimiliki oleh umat lain selain umat muslim.

Tentunya hal tersebut sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW pada hadits di atas, di mana dijelaskan bahwa kebahagiaan bagi seorang muslim adalah bisa melaksanakan sholat sunah istikharah, dan diantara kecelakaan yang menimpa seorang muslim adalah ketika ia meninggalkan sholat istikharah padahal ia tau hanya Allah lah yang berhak atas segala yang ada di dunia ini.

Selanjutnya, kita akan membahas secara singkat mengenai tata cara sholat istikharah. Sholat sunah istikharah sendiri memiliki rangkaian yang mirip dengan sholat sunah pada umumnya, yaitu bisa dimulai dengan dua rakaat dan satu salam, sampai kepada dua belas rakaat dan enam salam. Sedangkan untuk niat, sholat istikharah memiliki niat seperti berikut ini:

 Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa

 Yang artinya adalah: Aku berniat menjalankan sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Selanjutnya, kaum muslim bisa membaca doa sama seperti doa sholat pada umumnya. Setelah selesai melakukan salam tahiyat akhir, dianjurkan untuk bermunajat kepada Allah SWT untuk memohon petunjuk dari-Nya. 

Memohonlah kepada Allah SWT agar memberikan pilihan yang tepat kepadamu melalui ilmu pengetahuan serta kekuasaan Allah yang mencakup seluruh alam semesta, baik langit maupun bumi. Memohonlah kepada Allah SWT yang maha agung, karena sesungguhnya Allah SWT adalah dzat yang maha kuasa dan mengetahui apa yang tidak kita ketahui sebagai seorang hamba.

Memohonlah kepada Allah SWT agar dzat yang maha agung bisa segera memberikan jawaban dari pertanyaan yang sedang dialami, sebab hanya Allah SWT lah yang memiliki pengetahuan diatas pengetahuan, dan oleh karenanya maka sudah pasti Allah SWT mengetahui apa yang baik dan tidak bagi kita. 

Memohonlah untuk dapat dimudahkan jalan yang dipilih, dan tak lupa memohon untuk disukseskan dalam segala urusan apabila pilihan tersebut memang yang terbaik buat kita. Sebab Allah SWT akan selalu mendengarkan hambanya yang mengadu kepada-Nya.

Doa adalah penghubung antara seorang hamba dengan sang pencipta, dan karena itu pula maka doa setelah sholat istikharah juga menjadi bagian yang amat dianjurkan dalam islam. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk tidak meninggalkan doa setelah sholat istikharah agar percakapan yang terjadi antara kita dengan Allah SWT menjadi lebih panjang, dan lebih nikmat lagi.

Semoga pilihan-pilihan yang kita ambil dalam hidup dapat membawa kita kembali ke hadapannya dengan selamat, dan bisa menjadi salah satu penghuni di surga-Nya kelak, amin ya robbal alamin(*)   

 

Pakdezaki . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates