Kamis, 05 Agustus 2021

 


Surah Al kahfi adalah salah satu surah di dalam Al-quran. Surah Al-kahfi terdiri dari 110 ayat. Surah Al-Kahfi termasuk ke dalam surah Makiyyah atau ayat - ayatnya di turunkan di Makkah. Al-kahfi berada di urutan ke-18 setelah surah Al-Isra dan ada di Juz 15 dan 16 dalam Al-Quran.

Sebab diturunkan surah Al-Kahfi dikutip dari tafsir ibn katsir adalah di waktu itu kaum Quraisy mempertanyakan tentang kenabian Muhammad kepada salah seorang pendeta Yahudi. Kemudian pendetah Yahudi mengutus utusan dari kaum Quraisy untuk menanyakan tiga hal kepada Muhammad. Tiga hal tersebut meliputi penjelasan mengenai sekelompok pemuda yang pergi dari masa lalu, mengenai seorang laki - laki yang menjelajah belahan bumi bagian timur dan barat, serta mengenai ruh dan penjelasannya. Jika Muhammad mampu menjawab ketiga hal tersebut maka Muhammad adalah Nabi yang diutus.

Nabi Muhammad SAW menjanjikan kepada utusan kaum Quraisy untuk menjawab ketiga hal tersebut keesokan harinya, namun ketika waktu yang sudah di janjikan Nabi Muhammad SAW belum mendapatkan wahyu dari Allah, hingga membuat nabi  bersedih selama 15 hari. Namun di tengah kesedihan Nabi Muhammad itu Malaikat Djibril datang membawa wahyu dari Allah yakni surah Al-Kahfi.

Surah Al-Kahfi mempunyai beberapa keutamaan bagi setiap muslim yang membacanya diantaranya disebutkan dari hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya :

“Dari Ibnu Umar mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.”

Dari hadits tersebut dapat diambil intisari bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan ummatnya untuk membaca surah Al-Kahfi pada hari jumat dikarenakan apabila seorang muslim membaca surah Al-Kahfi pada hari jumat maka akan diampuni dosanya dari hari jumat ke jumat berikutnya. Selain itu keutamaan membaca surah Al-Kahfi ketika hari jumat adalah kelak di hari kiamat telapak kakinya bercahaya.

Keutamaan lainnya dari surah Al-Kahfi adalah 10 ayat pertamanya, Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya :

“"Barang siapa yang hafal sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka akan dipelihara dari fitnah Dajjal”.

Di antara banyak keutamaan membaca dan menghafal 10 ayat permulaan dari surah Al-Kahfi adalah :

1.      Dijauhkan dari Fitnah Dajjal

2.      Menjadi letera di hari kiamat

3.      Dijauhkan dari marabahaya

 Arti dari 10 ayat permulaan dari surah Al-Kahfi adalah :

1.      Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Alquran) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok,

2.      Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.

3.      Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

4.      Dan untuk memperingatkan kepada orang yang berkata, “Allah mengambil seorang anak.”

5.      Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.

6.      Maka barangkali engkau (Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur'an).

7.      Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.

8.      Dan Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah yang tandus lagi kering.

9.      Apakah engkau mengira bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?

10.  (Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

                       

Pakdezaki . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates