Selasa, 05 Oktober 2021

Pexels/Nicola Barts

Normalnya, rambut baru akan tumbuh kembali untuk menggantikan rambut yang sudah rontok. Tapi sayangnya, untuk beberapa kasus yang disebabkan oleh faktor tertentu hal ini tidak selamanya selalu terjadi.

Rambut rontok bahkan bisa menjadi semakin buruk dan terjadi sementara bahkan permanen. Nah, untuk mengetahui apa penyebab rambut rontok pada pria simak penjelasan berikut ya, sebagian besar di antaranya bisa Anda atasi.

1. Faktor Genetik

 

Pixabay/Gerd Altmann 

Pola kebotakan pada pria kebanyakan berbentu U, dan banyak yang menyatakan bahwa penyebabnya adalah stress. Namun ternyata tidak, kebotakan ini merupakan murni karena faktor genetik atau keturunan baik yang diturunkan oleh ibu atau ayah.

2. Usia

 

Pexels/Andrea Piacquadio

Saat pria memasuki usia 30 tahun, biasanya volume pertumbuhan rambut akan semakin melambat. Sehingga tidak heran jika pada usia ini, pria akan mengalami rambut rontok bahkan berlanjut pada kebotakan.


3. Masalah Kesehatan

 

Pexels/Miguel Á. Padriñán

Rambut rontok bisa saja terjadi karena Anda sedang mengalami gangguan kesehatan. Adanya masalah kesehatan seperti tiroid atau anemia bisa menyebabkan rambut Anda menjadi rontok. 

4. Pola Makan yang tidak teratur

 

Pexels/Andres Ayrton

Rambut rontok pada pria dapat dikarenakan adanya penurunan berat badan yang drastis sehingga Anda kekurangan zat besi. Untuk itu, meskipun Anda sedang dier sebaikna cukupi kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari agar rambut tetap tumbuh dengan sehat. 

5. Stress dan depresi

 

Pexels/Nataliya Vaitkevich

Stress berlebihan dan bahkan depresi, akan memberikan dampak pada kerontokan rambut Anda. Hal ini dikarenakan perubahan hormon yang mengakibatkan kerusakan pada kesehatan rambut, jika terus dibiarkan rambut Anda akan terus menipis dan berlanjut mengalami kebotakan. 

6. Gaya Rambut

 

Pexels/John Diez

Jika Anda memiliki rambut yang gondrong, keseringan mengikat atau menguncir rambut juga tidak baik untuk kesehatan rambut Anda. Terlebih jika menguncir rambut terlalu kencang, akar-akar rambut Anda akan tertarik dan menjadi mudah rontok. 

7. Psoriasis

Psoriasis merupakan penyebab adanya ketombe di kulit kepala dengan memproduksi sel kulit yang berlebihan dan membentuk serpihan putih besar yang disebut sebagai ketombe. 

Ketombe yang menumpuk di kulit kepala Anda, akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan menghambat produksi minyak alami kulit kepala. Sehingga distribusi nutrisi rambut tidak tersebar secara merata dan mengakibat rambut menjadi kekurangan nutrisi, mudah patah serta rontok. 

8. Infeksi

Penyebab rambut rontok pada pria selanjutnya adalah infeksi. Infeksi kurap pada kulit kepala dapat membuat bintik-bintik botak dan bercak bersisik pada kulit kepala Anda.

Sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi terhambat dan mudah rusak. 

9. Efek samping dari mengonsumsi obat-obatan

 

Pexels/MART PRODUCTION

Mengonsumsi obat dan melakukan pengobatan seperti kemoterapi, bisa memberikan risiko rambut Anda menjadi rusak dan mudah rontok. Ada beberapa pengobatan atau obata-obatan yang berdampak pada rambut rontok, diantaranya adalah kanker, masalah jantung, tekanan darah tinggi dan depresi.


10. Menggunakan perawatan rambut yang tidak diperlukan

 

Pexels/Element5 Digital

Mungkin Anda merupakan orang yang gemar menggunakan beberapa perawatan rambut, yang tanpa disadari dapat merusak kesehatan rambut Anda. Seperti mewarnai rambut terlalu sering, hal ini disebabkan oleh kandungan zat kimia yang berlebihan dapat merusak folikel-folikel rambut dan berdampak pada kerontokan.

Atau penggunaan alat penataan rambut dengan suhu terlalu tinggi seperti hair dryer. Panas yang dipancarkan oleh pengering rambut tersebut dapat merusak kesehatan rambut, Anda bisa menggantikannya dengan mengeringkan rambut menggunakan kipas angin agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Nah, itulah 10 penyebab rambut rontok pada pria yang harus Anda waspadai. Kebanyakan dari 10 penyebab tersebut merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda ubah bukan? Nah sebaiknya pastikan bahwa Anda tidak melakukan hal yang bisa merusak kesehatan rambut Anda.


1 komentar:

Bonus options embody re-spins and wild multipliers and the sport has an RTP of 96%. One of the nice advantages of taking part in} video slots is 원엑스벳 the low denomination of currency that is supported. Most video slot machines like these offered by allvideoslots.com will permit players to choose from|to select from} many coin sizes to properly with|swimsuit} their finances.

REPLY

Pakdezaki . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates