Friday, January 15, 2016

#KamiTidakTakut


Teror Bom Sarinah yang terjadi kemarin Kamis (14/1/2016), kembali menyadarkan banyak pihak, bahwa teror - berupa terorisme, masih belum berlalu dari muka negeri ini. Bahwa sel-sel radikalisme masih hidup dan terus bertumbuh.

Meskipun di belakang mereka membawa embel-embel nama islami, jihad, penegakan khilafah atau darul islam, namun  saya pribadi tidak simpatik sama sekali.

Benar, bahwa ada ketidakadilan yang dirasakan oleh sebagian muslim di belahan dunia lain. Benar, bahwa ada perlakuan tidak adil yang dialami oleh muslim minoritas di negerinya. Namun, itu semua, tidaklah membenarkan untuk melakukan pembalasan dengan cara yang serampangan dan malah menimbulkan mudharat yang lebih besar.

Terorisme dengan mengganggu banyak orang serta meninggalkan trauma bagi para korbannya adalah kejahatan! Tidak sama sekali menunjukkan wajah Islam yang rahmatan lil alamin dan mengabaikan tujuan diutusnya Nabi Muhammad Saw adalah untuk memperbaiki rahmatan lil alamin.

Ah sudahlah, mungkin statement di atas tidak bisa mengubah keadaan. Namun yang pasti, pada kasus teror saat ini, masyarakat cepat sekali merubah posisi dari kondisi panik menjadi saling menguatkan. Apalagi kemudian beredar meme-meme lucu yang menunjukkan, bahwa kita tidak takut!

#KamiTidakTakut, jargon ini menjadi cara yang efektif dalam menggalang persatuan dan kebersamaan di antara sesama negeri. Tunjuk dan buktikan kepada dunia, bahwa kita semua tidak takut terhadap setiap aksi teror.

Salam!



0 comments:

Post a Comment