Thursday, June 23, 2016

Tips Membeli HP Android Lokal

 
  HP Android Lokal
Tips membeli HP Android Lokal - Kita tampaknya harus berterima kasih kepada merek smartphone lokal yang beredar di tanah air saat ini. Karena, jujur saja, dengan kehadirannya masyarakat Indonesia dari semua kalangan bisa merasakan smartphone teknologi terkini dengan harga yang amat terjangkau.

Ada beberapa merek lokal yang masih bertahan di pasar tanah air. Sebut saja merek Advan, Mito, Ecercoss, Zyrex, dan lainnya. Memilih di antara merek-merek ini pun anda akan pusing di buatnya. Di bagian bawah tulisan ini akan saya berikan tips membeli hp android lokal.

Meskipun saat ini, merek-merek tersebut coba tetap mempertahankan identitas sebagai merek lokal - agar bisa dianggap dan dekat sebagai hp buatan dalam negeri, beberapa merek ini pun coba melangkah lebih jauh untuk menjadi merek global.

Seperti yang dilakukan oleh Advan yang menggandeng klub raksasa Spanyol, Barcelona dan Evercoss yang mengusung tag go international.

HP Android Lokal

Upaya marketing sedemikian besar, ternyata memang cukup mampu membesarkan nama Advan.
International Data Comunication (IDC) melaporkan jumlah pengapalan hp smartphone ke Indonesia pada tahun 2015. Di mana, Advan berhasil menduduki posisi nomor 4 dengan jumlah pengapalan 2,8 juta unit dengan market share sebesar 9,6%.

Mengangkangi merek Lenovo yang berada di posisi ke lima yang 'hanya' mampu mengapalkan sebanyak 1,9 juta unit dengan market share 6,5%.

Posisi selengkapnya, ada Samsung di peringkat pertama dengan jumlah 7,3juta unit ponsel dan 24,8 persen market sharenya. Lalu ada Asus di peringkat kedua dengan 15,9% market share dan jumlah pengapalannya mencapai 4,7juta unit. Posisi ketiga ada Smartfren dengan jumlah pengapalan 3,2juta unit dan 10,8 persen market share.

Apakah hal tersebut menunjukkan bahwa upaya marketing akan berbanding lurus dengan tingkat kepuasan konsumen?


Saya pribadi agak meragukan. Meskipun hingga tulisan ini diturunkan, belum dapat menemukan data valid tentang tingkat kepuasan konsumen terhadap sebuah merek hp. Namun, pengalaman pribadi, telah merasakan sendiri bagaimana kualitas hp (dan termasuk tablet) lokal ini.

Jika anda bertanya, apakah saya masih mau membeli hp lokal? Jawabnya tentu saja Tidak!

Hal yang sama akan saya sarankan juga untuk anda jika tertarik ingin membeli hp lokal. Mengapa?

Banyak alasan pribadi dan tentu saja subyektif. Apalagi jika soal ketahanan dan kualitasnya. Jika Apple saja yang produknya sangat berkualitas, 'hanya' menganjurkan pemakaian produk mereka selama tiga tahun saja. Bagaimana dengan hp lokal? Silahkan asumsikan sendiri.

Lantas, jika memang anggaran tidak ada bagaimana? Ya sudah pilih saja, hp jenis feature phone. Jika masih nekat, dan siap dengan konsekuensinya, ini beberapa tips memilih HP Android lokal yang dapat saya berikan.

Tips Memilih HP Android Lokal

Bandingkan Spesifikasi dan Harganya

Ada rupa ada harga. Ada teknologi teranyar ada jumlah rupiah yang harus ditebus. Lihat spesifikasinya, dan sesuaikan dengan harganya. Bandingkan dengan merek lain dengan spesifikasi yang sama.

HP Android Lokal
Salah satu contoh spesifikasi penting sebuah smartphone
Spesifikasi yang penting diperhatikan dalam memilih HP Android adalah jenis prosesornya, besaran RAM (saya anjurkan minimal 1 Gb), memori internal (karena kebanyakan hp lokal, walaupun sudah support memory eksternal, tapi penyimpanan seringkali hanya bisa disimpan di memori internal), kualitas layar (saya sarankan minimal IPS) dengan teknologi minimal kapasitif (jangan lagi resistif) dan kamera (minimal 5 MP).

Selebihnya, adalah gimmick saja.

Support SIM

 HP Android Lokal

Teknologi saat ini sudah beranjak ke 4G LTE. Jadi jika ingin membeli HP Android, usahakan sudah mendukung teknologi Generasi ke-4 tersebut. Tapi jangan dilupakan, hp tersebut juga haruslah tetap mendukung 2G, EDGE dan 3G. Karena, cakupan sinyal 4G LTE belum merata di tanah air, sehingga apabila di satu wilayah 4G-nya belum ada, HP anda masih masih bisa digunakan di pita bandwith yang lain.

Selain itu, manfaatkan pula teknologi dual SIM hape lokal. Sehingga, satu kartu untuk keperluan data. Satu HP untuk kebutuhan SMS dan telpon.

Service Center

HP Android Lokal

Anda juga harus memastikan, bahwa HP Anda mudah dalam urusan service jika kemudian ada masalah dengannya. Selain itu, pastikan pula bahwa pada saat pembelian, jika kerusakan terjadi di bawah kurun waktu tertentu, seperti di bawah dua minggu atau lebih, akan diganti dengan unit baru.

Jangan tergoda dengan banyaknya hadiah saat pembelian seperti soft case, lapisan pelindung layar, mug cantik sampai ke power bank. Anda harus tetap fokus dengan kualitas hp dan jaminan kemudahan spare part hingga urusan service center.

Harga Jual Kembali


HP Android Lokal

Tidak masuk akal jika anda meminta harga jual hp lokal anda lebih tinggi daripada hp branded global. Bahkan beberapa pengalaman teman saya, hp lokal mereka hanya dihargai tak lebih dari Rp250 ribu saja. Bahkan merek global asal China Siomi, harga jualnya meluncur jatuh dari harga beli, meskipun pemakaiannya belum 6 bulan.

Saran saya, daripada berharap mendapatkan harga jual kembali yang tinggi, lebih baik manfaatkan hp tersebut untuk berbisnis dan mendapatkan uang berkali lipat daripada harga belinya. Sehingga anda bisa membeli hp baru yang lebih baik 6 bulan atau 1 tahun kemudian, sedangkan yang lama berikan kepada saudara atau teman.

Hitung-hitung membuat amal. Iya kan? Ya iyalah, daripada sakit hati saat mendapatkan harga yang sangat jatuh di konter hp.. :)

Sesuaikan Dengan Kebutuhan


Anda membeli HP Android untuk apa? WA, nonton Youtube, Facebookan atau apa?

HP Android Lokal

Saya tidak menganjurkan dengan kata-kata Kalau Hanya. Tapi Saya lebih menyarankan cari yang terbaik dengan budget yang anda punya. Minimal, memenuhi spesifikasi yang saya sebut di bagian pertama.

Tidak ada kata kalau hanya untuk begini atau begitu. Mengapa? Karena kebutuhan dan ketergantungan Anda terhadap gadget akan terus meningkat. Tidak menurun. Sehingga, jika ada kebutuhan baru, maka HP anda akan sanggup meladeninya.

Tips memilih HP Android lokal yang saya berikan agak aneh? Sengaja. Karena, saya tidak ingin anda mengalami apa yang pernah saya alami dulu dengan HP Android lokal dan branded asal China. Hanya satu tahun saja!
HP Android Lokal
Itulah mengapa saat ini, hp saya lebih sederhana hanya Samsung Guru Music 2 SMB310E untuk kebutuhan SMS-telefoni dan Iphone 4 CDMA (wifi only, males injek) untuk BBM dan WA saja. Selebihnya, untuk keperluan pekerjaan langsung pake PC atau laptop saja.

Demikian, semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment